Profil Rusli Zainal Sang Visioner

- Pada post pertama ini Saya akan mencoba membahas mengenai tokoh masyarakat yang cukup dikenal di Riau, beliau adalah Rusli Zainal. Berikut ini Profil Rusli Zainal Sang Visioner :

Rusli Zainal Sang Visioner

Rusli Zainal Sang Visioner adalah seorang Gubernur Riau 2009-2014 yang memiliki pandangan dan pemikiran yang jauh ke depan. Kontribusi seorang Rusli Zainal bagi Provinsi Riau tidak perlu diragukan lagi. Sejak Rusli Zainal menjabat sebagai Bupati Kabupaten Indragiri Hilir 1999-2003 lalu dilanjutkan dengan menjabat sebagai Gubernur Riau 2003-2008 perlahan namun pasti, geliat pembangunan di Provinsi Riau mulai mendapatkan hasilnya.

Berbagai keberhasilan telah diraih. Beberapa pengakuan pun telah diperoleh. Provinsi Riau seakan menjadi buah bibir di pentas nasional. Semua itu merupakan buah dari upaya dan kerja keras. Namun jalan masih panjang, masih banyak ketertinggalan yang harus dikejar. Apalagi untuk mewujudkan visi Riau 2020.

Sosok Gubernur Riau HM Rusli Zainal sudah tidak asing lagi di Bumi Lancang Kuning, bahkan di Indonesia, namanya mulai bersinar, ketika seluruh bupati se Indonesia mendaulatnya sebagai wakil mereka di Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD). Kepercayaan ini didapat berkat keberhasilan beliau dalam memajukan Indragiri Hilir, kabupaten miskin ke-3 di Riau.
Rusli Zainal Sang VisionerFoto Rusli Zainal Sang Visioner

Masa Kecil Rusli Zainal Sang Visioner

Rusli Zainal lahir di desa Bolak, Kecamatan Mandah, Kabupaten Inhil, 3 Desember 1957. Semasa kecil, Rusli Zainal Sang Visioner menjalani hidup seperti anak kebanyakan. Seperti dikatakan abang kandungnya, Rusli Zainal kecil juga sedikit manja dan bandel. Masa kecil sang visioner ini bandel tetapi manja.

Rusli Zainal Sang Visioner kecil memulai dunia sekolahnya di salah satu SD (Sekolah Dasar) di Tembilahan. Begitu juga Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP). Rusli Zainal menamatkan pendidikan di bangku SLTP pada tahun 1974. Usai itu, anak kelima dari lima bersaudara ini melanjutkan studinya ke SLTA di Pekanbaru. Dan, selesai tahun 1977.
Rusli Zaenal - Gubernur Riau 2009-2014Foto Rusli Zaenal - Gubernur Riau 2009-2014

Perjalanan Karir Rusli Zainal Sang Visioner

Rusli Zainal yang juga lulusan dari S1 Fakultas Ekonomi Universitas Riau ini sendiri menjabat sebagai Gubernur Riau selama 2 periode, yaitu: Gubernur Riau 2003-2008 dan Gubernur Riau 2009-20014. Kini Rusli Zainal aktif menjabat sebagai Gubernur Riau bersama dengan Wakil Gubernur-nya yaitu Drs. H. R. Mambang Mit.

Rusli Zainal selain terjun di dunia usaha ia juga sangat aktif di dunia politik. Tokoh masyarakat Riau itu memulai karier bisnisnya sebagai Pimpinan Cabang PT Mohairson Pekanbaru pada 1982, ketika masih berstatus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Sebelum menamatkan kuliahnya, Rusli Zainal telah menjabat sebagai Wakil Sekretaris KNPI Riau. Tujuh tahun setelah menamatkan kuliahnya, Rusli Zainal terpilih sebagai Ketua Umum Gapensi Riau. Selama menjabat sebagai bupati, pada 1999 hingga 2003 Rusli Zainal dikenal sebagai motor penggerak kawasan Riau Selatan.

Profil Singkat Rusli Zainal Gubernur Riau 2009-2014

  • Nama: Rusli Zainal

  • Lahir: Mandah, Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, 3 Desember 1957

  • Agama: Islam

  • Jabatan: Gubernur Riau 2009-2014

  • Jabatan Sebelumnya: Gubernur Riau 2003-2008

  • Pendidikan: S1 Fakultas Ekonomi Universitas Riau

  • Pekerjaan: Pimpinan Cabang PT Mohairson Pekanbaru pada 1982

  • Organisasi:

    • Wakil Sekretaris KNPI Riau
    • Ketua Umum Gapensi Riau
Rusli Zainal - Gubernur Riau 2009-2014Rusli Zainal - Gubernur Riau 2009-2014







Related Articles :





0 comments:

Post a Comment